Halaman

Kamis, 03 Januari 2013

Platform Game


Istilah platform sedikit berbeda di dalam IT dan istilah awam. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, platform artinya tempat yang tinggi; panggung; mimbar; beranda stasiun. Jika kita menggunakan arti dari kamus tersebut makna platform jadi tidak cocok dengan konteksnya. Makna Platform dalam konteks aplikasi komputer secara praktis maksudnya adalah Sistem Operasi tempat sebuah aplikasi di operasikan. Dengan kata lain, platform adalah lingkungan terpadu yang mendukung dijalankannya sebuah aplikasi. Misalnya Microsoft menciptakan aplikasi Microsoft Office yang berjalan di dalam lingkungan (platform) Windows. Karena Ms. Office dibuat hanya diperuntukkan untuk lingkungan windows, tentu saja aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan di lingkungan Macintosh, atau GNU/Linux.

Platform dapat dibayangkan seperti sebuah lingkungan tempat sebuah aplikasi diciptakan. Aplikasi tersebut dapat berjalan dengan regulasi/peraturan yang dibuat oleh Sistem Operasi. Fasilitas seperti Windows Registry, atau ActiveX Object hanya ada di dalam lingkungan windows milik microsoft. Jika aplikasi tersebut berpindah lingkungan seperti Mac, atau GNU/LINUX operasinya akan error berantakan dan tidak dapat berjalan seperti seharusnya.
Hal serupa juga berlaku pada Game. Program Game yang diciptakan mempuyai lingkungannya sendiri-sendiri, game yang diciptakan untuk platform computer atau PC tidak mungkin bisa dijalakan didalam platform console ( misalnya Nintendo). Semakin berkembangnya jaman membuat jens platform semakin berkembang. Sekarang ini ada banyak platform game, bukan hanya console, tetapi website juga menjadi sarana bermain game.


PC / Komputer
Adalah salah satu platform yang dapat digunakan untuk memainkan game. Ada banyak pengembang dan publisher game di platform ini dengan berbagai game yang menawarkan baik dari sisi grafis dan gameplay yang luar biasa. Contoh game yang ada di platform komputer adalah Call Of Duty, Assassin Creed, Final Fantasy XI & XIV, dan masih banyak lagi.

Console Game
Console game adalah alat yang digunakan untuk memainkan game. Contoh, Playstation, X-Box, NES, Gameboy, Nintendo DS, Nintendo Wii, dan masih banyak lagi. Console game hanya bisa memainkan game yang memang dibuat untuk dimainkan pada console tersebut.

Web Based Game
Siapa yang belum pernah memainkan game yang ada di jejaring sosial seperti Facebook dan Google+? Game yang ada di jejaring sosial merupakan game yang dijalankan dan dimainkan melalui web browser. Biasa juga disebut dengan browser game. Walaupun browser game juga tidak hanya yang  ada di jejaring sosial. Ada juga istilah lain untuk game yang ada di jejaring sosial yaitu Social Game karena memang game ini dimainkan bersama-sama.

Mobile Games
Perangkat mobile juga jadi platform untuk game. Bahkan sekarang ini banyak smartphone yang memiliki kartu grafis / GPU dan mampu memainkan game 3D yang tidak kalah dengan platform lain.

Perkembangan dunia game memang sangat cepat, dan siapa tahu perangkat seperti apa saja yang akan jadi alat untuk memainkan game.

1 komentar: