1.
Ilmu Komputer
Membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa / perancangan
antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam hal ini
menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik
pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa alami,
struktur data, basis data, dan lain-lain yang berhubungan dengan pembuatan game.
2. Psikologi
Membahas tentang penerapan teori proses kognitif dan analisis
empiris tantang perilaku pengguna game. kita selalu berharap agar program game
yang kita susun dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain. Setiap pengguna
mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi
manusia-komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat
memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi
dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yang dimilikinya agar dapat
menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi.
Psikologi eksperimental menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur
unjuk kerja dan opini terhadap sistem manusia-komputer.
3. Perancangan grafis dan tipografi
Ada kata bijak yang mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat
bermakna sama dengan seribu kata”. Dalam dunia komputer, kata ini dapat
diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif
antara manusia dengan koputer. Keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi
salah satu junci penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer.
Karena antarmuka yang disusun dapat menjadi lebih luwes dan ampuh. Games boleh
jadi terlihat sangat menarik, tetapi bila tidak ada gameplay, maka itu bukan
game tetapi demo yang menarik.
4. Teknik elektronika
Berbicara tentang komputer, khususnya dari sisi perangkat keras,
pastilah tidak terlepas dari pembicaraan tentang teknik elektronika. Dalam
bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan
dengan perangkat keras computer
5. Ergonomik
Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal
komputer untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang
demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari
kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun berat. Ergonomik berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik
meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk,
pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain sangat
berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja. Meski sifat seorang pengguna
dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya
lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan komputer.
6. Linguistik
Pada saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita sedang
melakukan dialog dengan komputer yang ada di hadapan kita. Untuk dapat
melakukan dialog, kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana
komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus, misalnya bahasa grafis, bahasa
alami, bahasa menu ataupun bahasa perintah. Linguistik merupakan cabang ilmu
pengetahuan yang mempelajari bahasa. Beberapa aspek seperti komputasi
linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer.
Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan
dengan komputer.
7. Perancangan Industri
Membahas tentang produk-produk interaktif. Dengan semakin
berkembangnya variatif game dalam industry saat ini, misal mobile game, 3D
game, teknologi layar tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin
populer. Penggunaan layar sentuh, beserta teknologi di belakangnya, telah
menjadi bahan kajian yang menarik. Saat ini, selain layar sentuh, layar sentuh
banyak (multi-touch screen)
juga semakin banyak digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar